Olahraga

Tanpa Balas, Dua Gol Patrik Schick Bawa Kemenangan Republik Ceko

Senin, 14 Juni 2021 - 23:00
Tanpa Balas, Dua Gol Patrik Schick Bawa Kemenangan Republik Ceko Schick merayakan gol pertamanya ke gawang Skotlandia. (FOTO: Getty Images/Andy Buchanan - Pool)

TIMES KEPAHIANG, JAKARTARepublik Ceko sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Skotlandia di penyisihan Grup D Piala Euro 2020. Dua gol Patrik Schick membuat Lokomotiva meraih tiga poin pertama. 

Laga yang berlangsung di Hampden Park, Senin (14/6/2021), gol pertama Schick tercipta dari situasi sepak pojok. Shick yang unggul dalam duel udara, berhasil menanduk bola ke gawang Skotlandia di menit ke-42.

Gol kedua Ceko lahir dari kesalahan kiper David Marshall yang keluar dari sarangnya. Schick dengan jeli melihat hal tersebut dan melepaskan tembakan setengah lapangan untuk mencetak gol, memastikan kemenangan.

Hasil ini mengantarkan Ceko memimpin klasemen sementara Grup D dengan 3 poin, sama dengan Inggris namun unggul selisih gol. Sedangkan Skotlandia ada di juru kunci dengan 0 poin.

Babak Pertama Republik Ceko vs Skotlandia

Laga babak pertama berlangsung sengit, Ceko mengancam di menit ke-11 lewat sundulan Patrik Schick yang menerima crossing Vladimir Coufal, namun hasilnya masih melebar dari gawang Skotlandia.

Peluang kedua Schick diperoleh 5 menit berselang. Sepakan kaki kirinya dari jarak dekat bisa diblok kiper Skotlandia,David Marshall, menghasilkan tendangan sudut untuk Ceko. Dalam situasi kemelut setelahnya, bola dikuasai Jakub Jankto,tetapi sepakan jarak jauhnya melambung di atas gawang.

Skotlandia hampir mencetak gol di menit ke-32. Andy Robertson bebas berdiri di kotak penalti, namun tembakan kaki kiri bek Liverpool itu mentah di tangan kiper Ceko,Tomás Vaclik.

Ceko akhirnya unggul duluan di menit ke-42. Crossing Coufal dari sisi kanan kotak penalti disundul Schick ke sudut kiri gawang Skotlandia tanpa bisa dihalau oleh Marshall. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Babak Kedua Republik Ceko vs Skotlandia

Usai turun minum, Ceko yang sudah unggul langsung melancarkan tekanan. Schick hampir mencetak gol kedua di menit ke-46, tapi Marshall mampu menahan sepakan penyerang Bayer Leverkusen itu.

Dua menit setelahnya, Skotlandia hampir menyamakan kedudukan. Jack Hendry melepaskan tembakan jarak jauh, namun hanya membentur tiang gawang. Sial bagi Skotlandia, mereka justru kebobolan lagi di menit ke-52.

Ceko melakukan serangan balik. Saat bola baru sedikit melewati tengah lapangan, Schick melihat Marshall berada jauh dari gawangnya. Schick kemudian melepaskan tembakan setengah lapangan yang berhasil menggetarkan jala gawang Skotlandia. Marshal tak mampu berbuat apa-apa.

Tertinggal dua gol, Skotlandia mencoba menekan. Segala upaya dilancarkan, peluang pun berhasil diraih di menit ke-62, berawal dari kesalahan lini belakang Ceko, Lyndon Dykes lolos dari pengawalan kemudian melepaskan sepakan jarak dekat. 

Tapi sayangnya, Vaclik dengan mudah memblok serangan. Tak berhenti di situ, empat menit berselang, sepakan jarak dekat Dykes lagi-lagi digagalkan kiper Sevilla tersebut.

Sepakan Scott McTominay di menit ke-77 melambung dari sasaran. Sedangkan tembakan Kevin Nisbet di menit ke-82 sempat terdefleksi, namun dengan sigap diamankan Vaclik. 18 peluang Skotlandia tak ada yang berbuah gol, dan Ceko menang 2-0.

Susunan pemain Republik Ceko vs Skotlandia

Skotlandia: Marshall, O'Donnell (Forrest 79'), Hendry (McGregor67'), Hanley, Cooper, Robertson, McTominay, McGinn, Armstrong (Fraser 67'), Dykes (Nisbet79'), Christie (Adams 46').

Republik Ceko: Vaclik, Coufal, Boril, Celustka, Kalas, Soucek, Kral (Holes 67'), Mosopust (Vydra 72'), Darida (Sevcik 87'), Jankto (Hlozek 72'), Schick (Krmencik 87').(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kepahiang just now

Welcome to TIMES Kepahiang

TIMES Kepahiang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.