Berita

Kementerian PUPR RI Bangun Pengendali Banjir di Tiga Sungai Besar di Bali

Senin, 14 Juni 2021 - 15:51
Kementerian PUPR RI Bangun Pengendali Banjir di Tiga Sungai Besar di Bali Ilustrasi proyek pembangunan prasarana pengendali banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tukad Unda, Klungkung, Provinsi Bali, (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES KEPAHIANG, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) melalui Balai Wilayah Sungai Bali - Penida tengah melakukan pembangunan prasarana pengendali banjir pada tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) di Provinsi Bali, yakni di Tukad Unda Klungkung, serta Tukad Badung, dan Tukad Ayung di Denpasar.

Program penataan dan normalisasi sungai tersebut akan memberi manfaat dalam mengurangi risiko bencana banjir di tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) besar yang menjadi salah satu pusat kegiatan pariwisata internasional di Bali.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir.

“Saya mengajak semua pihak untuk menjaga daerah tangkapan air melalui penghijauan kembali dan menahan laju alih fungsi lahan,” kata Menteri Basuki.

PUPR-2595dd21ae13d1b08.jpg

Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida Maryadi Utama menyampaikan, melihat permasalahan yang ada di DAS Tukad Unda dan adanya lahan yang terdampak pada saat erupsi Gunung Agung, maka diperlukan sinergi antara BWS Bali-Penida, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten terkait untuk mengendalikan banjir aliran lahar dingin yang sering terjadi di DAS Tukad Unda.

"Rencana pekerjaan utama yang dilakukan terdiri dari pembangunan Tanggul Tukad Yeh Sah, Cek Dam Tukad Yeh Sah, Tanggul Tukad Unda, Tanggul Penampang Ganda Tukad Unda, dan Pekerjaan Jetty," kata Maryadi.
 
Pekerjaan dilaksanakan oleh PT Nindya Karya-PT Bina Nusa Lestari (KSO) dengan kontrak senilai Rp 234 miliar dengan Konsultan Supervisi PT Catur Bina Guna Persada KSO, PT Multimera Harapan, dan PT Laras Sembada dengan nilai kontrak Rp 6,5 miliar. Pembangunan dimulai pada 28 Agustus 2020 dan direncanakan selesai pada Desember 2022 melalui sistem kontrak tahun jamak.

Selain di Tukad Unda, saat ini juga tengah dilakukan pembangunan sarana pengendali banjir di sepanjang Tukad Badung, tepatnya di Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Tingginya curah hujan di bagian hulu mengakibatkan longsoran di beberapa tebing di sepanjang Tukad Badung. Salah satu lokasi yang terjadi longsoran berlokasi di SD 6 Ubung, dimana kondisi ini sangat membahayakan keberadaan gedung dan siswa di sekolah tersebut.

PUPR-3.jpg

Penanganan teknis berupa tindakan memperkuat tebing sungai dengan struktur beton bertulang sepanjang 56 meter (m) setinggi 15,3 m dan pasangan batu kali dengan struktur frame beton sepanjang 144 m, serta pekerjaan groundsill dengan lebar 9,12 m. Pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Bangun Mulya Tan Abadi dengan nilai kontrak Rp 3,1 miliar, dimana saat ini progresnya 34,59%.

Di Kota Denpasar saat ini juga tengah dibangun prasarana pengendali banjir di Tukad Ayung yang merupakan sungai yang terletak di wilayah Kota Denpasar di Provinsi Bali. Akibat banjir yang terjadi hampir setiap tahun menyebabkan tebing mengalami kerusakan, sehingga perlu mendapat penanganan segera untuk menghindari meluasnya kerusakan Tanggul yang mengakibatkan melimpasnya aliran banjir ke pemukiman penduduk maupun ke daerah pertanian.

Penanganan teknis berupa tindakan memperkuat tebing sungai dengan pasangam batu kali berstruktur frame beton sepanjang 55 m setinggi 7,5 m dan pasangan batu kali dengan struktur frame beton sepanjang 55 m setinggi 5 m. Pembangunan pengendali banjir oleh Kementerian PUPR RI ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Putra Mas Indah Baroe dengan nilai kontrak Rp 2,8 miliar, dimana saat ini progresnya 45,24%. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kepahiang just now

Welcome to TIMES Kepahiang

TIMES Kepahiang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.